https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS ASPEK SOSIOLOGI SASTRA NOVEL RUDY KARYA GINA S. NOER DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA | Wahyuningsih | SURYA BAHTERA

ANALISIS ASPEK SOSIOLOGI SASTRA NOVEL RUDY KARYA GINA S. NOER DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

Ari Wahyuningsih, Sukirno Sukirno, Nurul Setyorini

Abstract


 

ABSTRAK: Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik novel; (2) aspek sosiologi sastra; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rudy karya Gina S. Noer di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini yaitu novel Rudy karya Gina S. Noer.Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Rudy karya Gina S. Noer.Fokus penelitian ini adalahintrinsik novel Rudy, aspek-aspek sosiologi sastra,dan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA.Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka.Teknik yang digunakan untuk menganalisis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan dalam penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian  informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Rudy karya Gina S. Noer meliputi tema mayor dan minor; alur campuran; tokoh dan penokohan: tokoh utama Rudy dan beberapa tokoh lainnya yang mendukung cerita; latar meliputi latar tempat, latar waktu, latar suasana; sudut pandang orang ketiga serbatahu; dan amanat yaitu jangan pernah menilai orang lain dari sisi luarnya saja, jangan pernah mengeluh meski sedang menghadapi kesulitan, jangan mudah putus asa dalam menggapai cita-cita; (2) aspek sosiologi sastra novel Rudy karya Gina S. Noer yaitu (a) kekerabatan, yakni Rudy memiliki hubungan yang baik dengan Mami dan Papi, sangat mengasihi adik-adiknya dan mencintai Ainun istrinya; (b) cinta kasih, yaitu Rudy memiliki cinta kasih yang baik terhadap keluarga dan teman; (c) moral yakni, bersyukur kepada Allah Swt, menjalin silaturahmi kepada teman-teman,  menuruti semua perintah Mami, memiliki watak yang keras kepala dan menghormati orang yang lebih tua; (d) pendidikan yakni, pendidikan formal Rudy di sekolah Concordante HBS, Universitas Indonesia, dan RWTH Jerman; (e) ekonomi yakni tergolong ekonomi tingkat atas. Rudy bisa bersekolah hingga S-3; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rudy karya Gina S. Noer di kelas XII SMA yang terdapat dalam kompetensi dasar 3.9 menggunakan metode Quantum Learning dengan menggunakan enam langkah pokok yang dikenal dengan istilah TANDUR.

 

Kata kunci: sosiologi sastra, novel Rudy, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.